Resep Praktis Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa Cocok Buat Pemula

Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa

Anda sedang mencari inspirasi resep Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa memakai 8 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#week47 Karena saya besar di Kota Sidoarjo yang lumayan panas, keluarga saya punya tradisi jika berbuka puasa, selalu ada menu Es, dari es blewah, es campur, es sirup, es cincau dan sebagainya. Salah satu yang selalu saya rindukan adalah es cincau ini. Ibu saya dulu, membuatnya hanya dengan cara merebus cincau dengan gula merah. Kemudian saya pernah ke rumah teman dan diberi es cincau yang menurut saya lebih kaya rasa. Teman saya bercerita, jika mamanya merebusnya dengan gula merah, jahe, dan sereh. Eehhmmm yummy. Di hari Ramadhan yang ke 11 ini, tiba-tiba saya merindukan es yang satu itu, yuk buat. Saat ini saya beri tambahan daun pandan. Untuk jumlah jahe dan sereh sebenarnya sesuai selera saja. Tinggal perbanyak bahan yang ingin diperkuat rasanya. #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa:

  1. 1 kotak Cincau, parut dengan parutan keju
  2. 1 liter air
  3. 300 gr Gula merah (gula jawa)
  4. 2 lembar daun pandan
  5. 1 batang Serai memarkan
  6. 1 ruas jahe memarkan (atau sesuai selera)
  7. Tambahan :
  8. Secukupnya Batu Es

Langkah-langkah untuk membuat Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa

  1. Siapkan bahan
  2. Buat biang dengan cara mencampurkan semua bahan yaitu, cincau, air, gula, sereh, pandan, dan jahe.
  3. Kemudian rebus hingga gula larut dan mengental
  4. Dinginkan suhu ruang, kemudian masukkan wadah bersih tutup rapat, simpan di kulkas
  5. Biang siap digunakan. Kalau saya cukup menambahkan dengan batu es udah enak banget. Teman-teman juga bisa menggunakannya sebagai topping kopi (capcin), atau boleh dengan menambahkan susu kental manis dan batu es. Dan lain-lain, sesuai selera.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Labels: masakan jawa

Thanks for reading Resep Praktis Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa Cocok Buat Pemula. Please share...!

0 Komentar untuk "Resep Praktis Es Cincau dengan Jahe dan Gula Jawa Cocok Buat Pemula"

Back To Top